TIPS NAIK PESAWAT DENGAN BALITA

April 21, 2018




Hi Moms! Pasti banyak yang sudah sering traveling dengan si kecil ya? Atau mungkin ada yang baru pertama kali mau mengajak si kecil jalan-jalan dengan pesawat seperti saya kemarin? Pengalaman pertama itu memang selalu ada ya dan emang bikin deg-degan sih (kalau saya), karena mikirin reaksi Gio nantinya selama perjalanan di pesawat nanti akan tenang atau sebaliknya.

Alhamdulillah, perjalanan udara pertamanya  ke negara tetangga, Malaysia, berjalan lancar. Ketika pergi ia tertidur pulas dari sebelum take off hingga landing.Di perjalanan pulang, barulah ia benar-benar  melek dan banyak omong bertanya ini itu :D. Dari pengalaman tersebut, ada beberapa tips nih buat Moms yang mau mengajak si kecil kesayangan untuk terbang pertama kalinya.

Moms, yang paling pertama sekali pastikan si kecil dalam kondisi fit. Jangan sampai ketika terbang, ia dalam keadaan flu. Karena sangat beresiko apabila terbang dalam keadaan flu. Lendir yang terdapat di hidung dan sekitarnya dapat menyebabkan penyumbatan dan sangat mengganggu pernafasan hingga menyebabkan telinga terasa sakit ketika berada di tekanan udara yang tinggi. Begitulah pesan yang kami dapatkan dari teman kami, seorang pilot.

Kedua, dari jauh-jauh hari saya dan suami brief Gio bahwa kami akan pergi ke negara tujuan dengan menggunakan pesawat. Hampir setiap hari saya ceritakan tentang hal tersebut. Ke negara mana, ada apa aja disana, menginap di hotel apa, sekaligus saya tunjukkan juga  foto dan video pesawat, negara malaysia dan hotel yang akan kami tempati selama di Kuala Lumpur. 

Ketiga, memakai pakaian yang nyaman. Selama terbang pastikan anak memakai pakaian dan sepatu yang nyaman dan simpel. Pakaian simpel penting karena memudahkan kita dan anak ketika harus ke toilet.  lagi kalau harus pergi ke toilet. Bawakan jaket atau sweater juga karena AC di pesawat cukup dingin.

Keempat, bawakan snack favoritnya. Buat saya ini penting bangettt! Bahkan seperti amunisi utama setiap kali kami bepergian. Selain buat mengamankan perutnya yang sering lapar, mengemil juga membuat dia jadi lebih anteng, tidak terlalu iseng  di pesawat atau di bandara karena sudah sibuk dengan makanannya. Selain itu, dengan terus mengunyah selama di pesawat bisa mencegah kedapan udara di telinga karena tekanan udara yang tinggi. 



Kelima, bawakan mainan kesayangannya. Mobil-mobilan hot wheels selalu ada di tas saya ataupun ayahnya. Nggak hanya pergi liburan, pergi di dalam kota pun ini harus selalu kami bawa supaya bisa dimainkan kapan saja.

Lalu yang keenam, pastikan buku favoritnya juga dibawa. Dibaca atau engga itu urusan nanti. Yang penting kalau anaknya nanya buku itu sudah aman dibawa dan menyelamatkan kita semua dari drama berkepanjangan :D

Kemudian yang ketujuh, pastikan semua barang-barang kebutuhan anak diatas terdapat dalam satu tas simpel untuk ditaruh di kabin pesawat. Kalau kami kemarin pakai satu tas ransel yang digendong Ayah Gio selama bepergian. Jangan lupa bawakan juga satu atau dua stel untuk baju ganti. Kemudian baby stuff seperti minyak telon ukuran travelling, tisu basah, tisu kering dan hand sanitizer.

Nah yang terakhir ini opsional ya, yaitu stroller pockit. Stroller pockit ini emang cocok buat travelling karena desainnya yang simpel, ringan karena beratnya hanya 3kg dan bisa masuk kabin pesawat. Stroller ini bisa untuk anak balita dengan maksimum berat badan 15 kg. Karena bandara sangat luas dan cukup jauh menuju boarding gate, maka menggunakan stroller ini sangat membantu ya segala aktifitas selama di bandara.


Last but not least, nikmati perjalanan kalian, Moms. Keep positive dan jangan panik. Bekerjasama yang baik dengan suami bisa membuat kita menjadi lebih tenang. Orangtua tenang, insyaAllah anak pun rileks. Dan tetap berdoa dan minta bantuan sama Allah supaya semua bisa berjalan lancar, aman dan selamat. Sekian moms tips sederhana dari saya semoga bermanfaat J.


Sumber:

Dewi Febrianti



You Might Also Like

1 comments

  1. Walah, bener bener.. adik keponakan kalau di kasi snack favorit pasti anteng.
    Meanwhile... saya bukan balita tapi kemana mana juga tetep bawa snack favorit sih . Hahhaa

    BalasHapus

Popular Posts

Flickr Images